Home » , , » Cara Verifikasi Blog Menggunakan Webmaster Tools Google

Cara Verifikasi Blog Menggunakan Webmaster Tools Google


Cara Verifikasi Blog Menggunakan Webmaster Tools Google. Pada artikel sebelumnya, kita telah mengetahui cara mendaftarkan blog anda agar bisa terdaftar dan terindex oleh mbah google selanjutnya kita mencoba mengoptimalkan blog yang kita buat dengan melalui webmaster tools yang telah disediakan gratis oleh mbah google.

Webmaster tools dari google merupakan tools atau alat yang disediakan oleh google bagi para pemilik atau pengelola (webmaster) website dan blog. Webmaster tools ini dapat membantu google dalam memantau aktifitas blog secara maksimal. Pada webmaster tools ini juga mempunyai fitur fitur yang bisa kita pakai dalam mengoptimalkan blog yang kita kelola seperti halnya apabila terjadi error atau kesalahan yang ada pada blog kita maka google akan melaporkannya di fitur kesalahan perayapan. Selain itu didalam webmaster tool kita bisa tahu berapa banyak backlink yang kita punya, bisa menelusuri analytics blog yang kita kelola dan masih banyak fitur fitur lainnya yang bisa kita explore untuk mengoptimalkan blog yang kita kelola.

Verifikasi dalam hal ini bisa disebut juga kita mengklaim kepemilikan blog kita ke google sehingga lebih optimal dalam pengelolaannya. Dengan terverifikasinya blog kita oleh google maka bisa dibilang google melihat blog kita bukanlah sebuah blog dummy selain itu manfaat lainnya dari verifikasi blog kita ke google ini adalah artikel yang kita publikasikan di blog bisa lebih cepat terindex oleh google dan hal ini merupakan sangat berguna untuk optimasi SEO blog kita.

baca juga : cara verifikasi blog ke search engine bing

Sudah siap mengoptimalkan blog yang kita punya? maka untuk bisa mendapatkan fitur fitur seperti yang telah disebutkan diatas maka langsung saja kita mendaftar yang langkah langkahnya bisa kita ikuti seperti berikut : 

  • ketik alamat URL blog anda dikotak yang ada dan klik tambahkan properti
  • selanjutnya anda akan dibawa ke halaman berikut :

  • pilih metode alternatif lalu copy meta tag yang nomor 2 dan paste di template yang anda simpan dibawah kode <head> dan simpan setelah itu anda tinggal klik verifikasi
  • apabila berhasil maka tampilannya akan seperti berikut :

  • langkah berikutnya yang tidak kalah penting adalah memasukan sitemap atau daftar isi blog yang fungsinya adalah mempermudah mbah google dalam mengcrawl blog kita sehingga bisa lebih efisien. Untuk menambahkan sitemap caranya adalah (masih di dashboard webmaster google) klik perayapan lalu klik peta situs dan setelah itu klik pada kotak sebelah kanan (yang berwarna merah) yang bertuliskan tambahkan/uji peta situs lalu pada kotak yang terbuka (setelah URL blog anda) tambahkan sitemap.xml (lihat gambar) dan klik kirim
  • selesai :D


Begitulah cara verifikasi blog anda menggunakan webmaster tools google, kurang lebihnya saya mohon maaf dan terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment